Sabtu, 28 April 2012

WORKSHOP HERBAL EFFERVESCENT


Penggunaan bahan alam sebagai obat cenderung mengalami peningkatan dengan adanya isu back to nature dan krisis berkepanjangan yang mengakibatkan turunnya daya beli masyarakat terhadap obat-obat modern yang relatif lebih mahal harganya. Obat bahan alam juga dianggap hampir tidak memiliki efek samping yang membahayakan. Sejalan dengan perkembangan industri jamu, obat herbal, fitofarmaka dan kosmetika tradisional juga mendorong berkembangnya cara pembuatan sediaan dan penyajian obat tradisional di Indonesia. Penggunaan buah mengkudu di masyarakat luas yang dirasakan kurang praktis. Formulasi yang tepat dalam pengolahan bahan alam menjadi suatu bentuk sediaan yang mudah diterima masyarakat diharapkan  dapat meningkatkan kepraktisan dan minat masyarakat dalam mengkonsumsi obat bahan alam. Salah satu upaya untuk meningkatkan kepraktisan dan minat masyarakat tersebut adalah dengan membuat buah mengkudu dalam bentuk ekstrak dan selanjutnya diformulasi dalam bentuk sediaan serbuk effervescent.

Akademi Farmasi Nasional Surakarta sebagai salah satu institusi pendidikan dibidang kesehatan memiliki tanggungjawab untuk menjadi prekursor akan peningkatan pemahaman dan minat masyarakat terhadap obat tradisional. Melalui workshop pembuatan sediaan obat tradisional dalam bentuk effervescent yang diikuti siswa-siswa SMU, AKFARNAS Surakarta berharap kegiatan tersebut dapat menciptakan kader-kader yang dapat menggali, memanfaatkan dan melestarikan obat tradisional secara optimal.
Event ini akan diselenggarakan di kota Solo tepatnya di Akademi Farmasi Nasional Surakarta pada:

Hari/Tanggal : Sabtu,19 Mei 2012

Waktu : 09.00 – 12.00 WIB

Peserta : Siswa-siswa SMU di wilayah eks Karesidenan Surakarta
Bentuk kegiatan yang dilaksanakan:
1. Degenerative issue with back to nature

Diskusi tentang penyakit degenertaive yang sering muncul terkait dengan kesalahan lifestyle masyarakat, yang diikuti dengan paparan alternatife terapi dalam pengobatan tradicional.
2. Workshop pembuatan sediaan effervescent buah mengkudu

Praktek langsung tata cara memperoleh zat aktif dari buah mengkudu (melalui penyarian), praktek membuat granul ekstrak buah mengkudu, menyiapkan bahan-bahan tambahan sediaan effervescent, dan tahapan-tahapan dalam membuat  serbuk effervescent buah mengkudu.
3. Medical Check up

Peserta kegiatan mendapatkan kesempatan untuk melakukan cek kesehatan (kadar gula darah). Sambil mendapatkan informasi detil terkait dengan kondisi tersebut.

Bagi Anda yang berminat untuk mengikuti kegiatan tersebut dapat mendaftarkan diri di
AKADEMI FARMASI NASIONAL SURAKARTA
Jalan Yos Sudaraso 338
Telp. (0271) 664830, 644958 Fax (0271) 665023
CP. 081804041578 (Agil Novianto, S. Farm., Apt.)
085728363151 (Ariyanto D.C., S. Farm., Apt.)

2 komentar: